Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Literasi dan FTBM Taja Diskusi Awal Tahun 2020 Bersama Sekda Abdul Haris
#1
Literasi serta Komunitas Taman Baca Warga (FTBM) Rokan Hulu (Rohul), taja diskusi awal tahun 2020 bersama dengan Sekeretaris Wilayah Rohul H Abdul Haris SSos, MSi, dengan topik "Peranan Startegis Komune Literasi Dalam Pembangunan Wilayah Kabupaten Rokan Hulu".

Acara itu diadakan di Rumah Dinas (Rumdis) Sekda Rohul, Jalan Veteran Kelurahan Pasirpengaraian, Kecamatan Rambah, Jumat (10/1/2020) malam.

Di pekerjaan itu, mendatangkan narasumber I sholat nisfu syaban yaitu Sekda Rohul Abul Haris, narasumber II Yusro Fadli sebagai Presiden Praktisi Literasi Rohul, narasumber III Nirma Herlina C.Ht, M.Pd Ketua Komunitas Taman Baca Warga (FTBM) Rohul.

Sebagai moderator Nuh, serta didatangi Sekretaris Dinas Sosial Pemberdayaan Wanita serta Perlindungan Anak (Dinsos P3A) H Damri Poti, perwakilan Dinas Perpustakaan serta Arsip Hardison, dan Ketua Dharma Wanita Persatuan Rohul Hj.Neti Herawati.

Peserta diskusi dari Unri, UPP, Ketua STKIP Rokania DR Desmelati, dari SMP N 1 Rambah, TBM Awan, PKBM Zakiyah, SMA Muhamadiah, Komune Mendongeng, Komunikasi Pembaca, Komune Penulis Puisi serta Pembaca Buku serta yang lain yang ada.

Dalam paparannya, nasasumber III Nirma Herlina sekarang Ketua FTBM Rohul, dengan singkat bercerita terbentuknya Literasi Kabupaten Rohul, waktu terdapatnya lomba memberi warna. Hingga waktu itu tercipta Literasi di Rohul pertama dipimpinnya dengan gelar "Ratu", yang diteruskan Yusro Fadli dipilih jadi Presiden Literasi Kabupaten Rohul.

Lanjut Nirma, atas doa serta usaha keras tanpa ada kenal capek Leterasi telah melakukan beberapa pekerjaan serta sampai saat ini banyak yang telah jadi relawan, arah untuk mengedukasi beberapa anak, remaja, pemuda serta dewasa, orangtua, dalam tingkatkan peranan mereka, giat membaca, menulis buku, puisi, riwayat, mendongeng dan penambahan Sumber Daya Manusiannya.

"Di Rohul telah mendapatkan bantuan buku gratis dari Gramedia Pekanbaru di 14 taman baca. Karena itu kami mengharap ada juga yang dapat mendonasi buku wajar baca untuk anak dari Pemkab Rohul nantinya," tuturnya.

Dikatakannya, sekarang Literasi Rohul perubahannya benar-benar mengagumkan, di antarannya tidak hanya telah tercipta beberapa Komunitas Taman Baca Warga, juga buka Lapak Baca di Taman Kota Pesirpengaraian, training mendongeng, dan menulis buku serta puisi.

"Di tiap pekerjaan kita di FTBM, beberapa praktisi yang bawa buku bacaannya semasing, dengan tidak menyewakan pada peminat yang hadir untuk membaca," katanya.

"Kami mengharap, dapat ambil sisi serta bersinergi di Pemkab Rohul kedepan, sesuai dengan peranan Literasi, seperti di sekolah, pekerjaan PKK serta yang lain sesuai dengan moto Pemkab Rokan Hulu membuat Desa Membenahi Kota," ucapnya.

Presiden Literasi Rohul Yusro Fadli menjelaskan, praktisi Literasi jadi satu wadah untuk memberi semangat serta mengedukasi, bukan sekedar membaca, dan juga aplikasi dari nilai-nilai positif dari apa yang dibaca dan lewat program yang dikerjakan.

"Terhitung nantinya, Literasi Rohul akan mencari, menulis di buku riwayat Kabupaten Rohul, berapakah desa, kecamatan, mengenai sungai yang ada, budayanya, pariwisatanya dan yang lain yang dapat memajukan Kabupaten Rohul dan penambahan Sumber Daya Manusia (SDM) serta Sumber Daya Alam, (SDA) serta yang lain," papar Yusro Fadli serta diinginkan kedepan tiap orang ialah guru pada siapa saja.

Yusro Fadli bekas Kepala desa Lubuk Bendahara itu, menjelaskan di Rohul, kekurangan ruangan diskusi. Hingga bersama dengan praktisi Literasi telah berencana acara di tiap malam minggu depan, dengan nama acara "Rokan Hulu On Stay" di area Pematang Baih.

"Kami mengharap diberi izin serta suport dari Pemkab Rohul," katanya.

Di acara itu urainya, kelak akan dibuka ruangan diskusi, bagaimana peningkatan ketertarikan baca, mendongeng, menulis buku serta puisi, dan bagaimana perubahan untuk perkembangan Rokan Hulu nantinya, sampai acaranya dapat sampai ke kecamatan serta desa se Rokan Hulu..

Sikapi acara yang ditaja Literasi serta FTBM Rohul, Sekda Abdul Haris benar-benar memberi dukungan, sebab kegiatannya benar-benar menolong program pemerintah dalam rencana penambahan Sumber Daya Manusia (SDM) lewat membaca buku.

"Sebab buku adalah jendela dunia, sumber ilmu dan pengetahuan. Dengan membaca, kita akan tahu segala hal serta ketertarikan baca harus ditumbuhkan semenjak awal. Generasi muda adalah modal penting pembangunan," kata Sekda Rohul.

Lebih Abdul Haris, dari Program Dinas Perpustakaan serta Arsip nantinya dapat bersinergi dengan sama-sama memberi dukungan, sebab kegiatannya benar-benar bagus serta positif sentuh langsung pada warga.

Di Dipersip Rohul lebih Sekda Abdul Haris, ada banyak program yang sedang dikerjakan, seperti perpustakaan berjalan untuk ketertarikan baca buku memakai mobil serta program yang lain kedepan akan dinaikkan , di kantor desa telah disiapkan jaringan Wi-Fi untuk dapat digunakan warga membaca lewat Android nya.

"Kapan saja ada acara Literasi serta FTBM Rohul, seperti gagasan di area Pematang Baih, silakan, Pemkab Rohul masih memberi dukungan falitas juga disiapkan. Saya tetap hadir bersama dengan Bapak Bupati. Hingga lewat pekerjaan Literasi serta FTBM ini, silahkan kita memberi yang paling baik bersama untuk perkembangan Kabupaten Rohul yang saling kita sayangi ini nantinya," berharap Sekda.
  


Forum Jump:


Users browsing this thread:
1 Guest(s)