Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
LPA Gelar Pelatihan Perlindungan Anak dan Keluarga
#1
Orangtua disuruh lebih waspada serta jaga anaknya supaya terlepas dari tindak kekerasan anak dibawah usia serta pelecehan seksual.

"Silahkan, beberapa orangtua untuk lebih siaga jaga serta mengamati anak, sebab anak itu asset bangsa," kata Ketua Instansi Perlindungan Anak (LPA) Kabupaten Pringsewu Fauzi.

Hal tersebut dikatakan Fauzi yang Wakil Bupati Pringsewu saat memberi materi pada Kursus serta Penyuluhan Perlindungan Anak serta Keluarga di Balai Pekon Farajagung, Kecamatan Pringsewu, Kamis (5-9-2019).

Dibarengi seputar 80 peserta terbagi dalam golongan ibu serta beberapa aparat pekon ditempat. Didatangi Kepala Pekon Fajaragung Barat Dwi Indrawati, Babinsa serta Babinkantibmas ditempat.

Menurut dia, timbulnya beberapa masalah baik pelecehan seksual serta kekerasan anak dibawah usia di Kabupaten Pringsewu beberapa waktu paling akhir ini, adalah bukti jika warga berani ungkap serta melapor ke faksi berkuasa.

"Berikut yang diperlukan, satu keberanian dari korban, orangtua lingkungan korban telah untuk bercerita atau memberikan laporan akan berlangsung nya masalah yang menerpa beberapa anak," tutur Fauzi.

Selama ini Pemkab Pringsewu, bersama ucapan tahun baru  dengan instansi berkaitan, telah menyosialisasikan UU Perlindungan Anak. "Minimum ajak beberapa anak untuk berani bercerita sekecil apa pun yang berlangsung padanya," harapnya

Pemateri lain, Siwi Lestari dari Pengurus Pusat Service Terintegrasi Pemberdayaan Wanita serta Anak (P2TP2A) Kabupaten Pringsewu menjelaskan jika anak ialah satu orang yang belum berumur 18 (delapan belas) tahun, terhitung anak yang masih juga dalam kandungan.

Menurut dia, perlindungan anak ialah semua pekerjaan untuk jamin serta membuat perlindungan anak serta hak-haknya agar hidup, tumbuh, berkembang, serta berperan serta dengan maksimal sesuai harkat serta martabat kemanusiaan, dan mendapatkan perlindungan dari kekerasan serta diskriminasi.

Sedang keluarga ialah unit paling kecil dalam warga yang terbagi dalam suami istri, atau suami istri serta anaknya, atau ayah serta anaknya.

Siwi Lestari menjelaskan, hak anak ialah sisi dari hak asasi manusia yang harus ditanggung, dilindungi serta dipenuhi dengan yang tua, keluarga, warga, pemerintah, serta negara.

"Jadi, jadi anak memiliki hak yang perlu dipunyai serta memperoleh perlindungan dari keluarga atau orangtua dengan pemberian kasih sayang atau keperluan lain seperti psikis atau fisik, hingga anak memperoleh kenyamanan di lingkungan keluarga," tutur Siwi Lestari.




  


Forum Jump:


Users browsing this thread:
1 Guest(s)